Minggu, 18 Oktober 2015

Pertamina RU IV Berikan Bantuan Air Bersih Kepada Warga Kawunganten Cilacap


CILACAP – Musim kemarau ditahun 2015 ini meskipun bukan yang terparah namun cukup menyulitkan warga Kabupaten Cilacap untuk mendapatkan air bersih. Berdasarkan pemetaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebanyak 77 desa yang tersebar di 13 Kecamatan diwilayah Cilacap bagian Barat mengalami krisis air bersih. Menyikapi hal tersebut Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap bersama Serikat Pekerja Pertamina Patra Wijayaksusuma (SPP PWK) pada tanggal 8 Oktober 2015 memberikan bantuan air bersih dan tandon penampungan air untuk masyarakat di Kecamatan Kawunganten Cilacap.
Bantuan air bersih diserahkan secara langsung oleh Relations Officer Public Relations RU IV Tusin Wibowo dan diterima oleh Camat Kawunganten Sukar S.Sos, sedangkan untuk bantuan 4 buah tandon air berkapasitas @1000 liter diserahkan oleh perwakilan dari SPP PWK Sjahru Sjakbani dan diterima oleh Lurah Ujung Manik Sugeng Budiyatno.
Camat Kawunganten Sukar S.Sos mewakili warga menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian Pertamina. Dikatakannya bantuan air bersih ini sangat dibutuhkan oleh warganya. Selama ini warga diwilayahnya untuk mendapatkan air bersih harus mencari di beberapa sumber air di hutan serta mengandalkan bantuan air bersih dari BPBD.
“ Pada musim kemarau tahun ini warga kami sudah sangat terbantu oleh adanya layanan dari Perusahaan Daerah Air Minum yang sudah menjangkau beberapa wilayah, namun belum mencapai ke daerah daerah yang sedikit terpencil sehingga diperlukan adanya pipanisasi dari sumber air bersih di hutan menuju perkampungan. Saya berharap kedepan Pemerintah bersama mitranya seperti Pertamina dapat mewujudkan hal ini ”. ujar Sukar.
Ibu Nasem warga Ujung Manik tersenyum bahagia sambil menyiapkan ember airnya untuk di isi . “ Matur Suwun (terima kasih) Pertamina”, ujarnya sumringah. “ dua ember dan dua jerigen air ini sangat membantu kami untuk beberapa hari kedepan”, imbuhnya sambil mengangkat ember airnya yang sudah penuh menuju rumah.
Secara terpisah General Affairs Manager RU IV Eko Hernanto menyampaikan untuk mengatasi permasalahan kekeringan di daerah Kawunganten tersebut, Pertamina RU IV Cilacap menyerahkan bantuan berupa 10 tanki air bersih yang masing-masing berisi 8.000 liter untuk dibagikan kepada desa-desa yang mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih, antara lain Desa Ujungmanik, Desa Babakan, Desa Bringkeng, Desa Sidaurip, Desa Kubangkangkung, dan Desa Bojong.

“Jumlah total air bersih yang diberikan adalah sebesar 80.000 liter ke 6 (enam) desa yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa. Ini merupakan tahapan awal pemberian bantuan. Kedepannya, Pertamina RU IV Cilacap berencana untuk memberikan bantuan tahap kedua yang masuk dalam kerangka bantuan CSR dengan total sebanyak 250 tanki.” pungkas Eko Hernanto. aji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar